LAGU-LAGU MUHAMMADIYAH DARI MASA KE MASA

Edi Narco Ajibarang 3 06.55


 JAVA COMPUTER AJIBARANG
Lembaga Pelatihan dan Kursus Computer
Service : Komputer - Laptop/NoteBoo- Printer
Terima Panggilan Mobile : 085 743 622 909
Phone: 0281 572 154 - 6570 233





CATATAN KECIL
LAGU-LAGU MUHAMMADIYAH
DARI MASA KE MASA

Disusun Oleh : Edi Narco
Nara Sumber : Ahmad Barqudin


1.      Mars Hisbul Wathon
Nyanyian  Muktamar  ke 18 di Solo Tanggal 30 januari 1929 s.d 5 Februari 1929 Pencipta lagu tidak diketahui (penulis) Syair H.M. Yunus Anis

2.      Wathoni Mars (Mars Pemuda Muhammadiyah)
Dipublikasikan pada waktu Muktamar  ke 19 di Bukit Tinggi. Lagu tersebut  dibuat 2 syair Bahasa Indonesia  dan  Bahasa Arab.

Pernah penulis tanyakan pada beberapa orang  anggota HW Senior tahun 40an.  Lagu Mathoni Mars adalah Lagu untuk Pemuda Muhammadiyah dalam arti ini adalah Mars Pemuda Muhammadiyah. Mengapa syair Hisbul Wathon sangat menonjol di lagu ini, karena pada saat itu gejolak politik pra kemerdekaan sedang digalang adalah Kepanduan. Maka tak hayal Pemuda Muhammadiyahpun harus ikut arus untuk mengikuti Hisbul Wathon. Dalam Kepanduan  Hisbul Wathon (HW) ada tingkatan ATFAL (HW Anak-anak). Di sinilah kedudukan Pemuda Muhammadiyah.

Menurut keterangan lain,  Begitu lagu  Wathoni Mars (Pemuda Muhammadiyah  anak ..) sering dinyanyikan pada waktu kegiatan Kepanduan HW. Di perkemahan, latihan, Jambore  bahkan dalam sidang-sidang  kegiatan  HW. Sehingga lagu tersebut sangat populer di kalangan anggota Kepanduan Hisbul Wathon. Didukung liriknya yang sangat jelas menyebutkan beberapa kali kata Hisbul Wathon seolah-olah lagu itu diperuntukan kepanduan HW.

3.      Nasyidu  Muktamirin :
Lagu yang akan diperdengarkan pada Muktamar  ke-30 di Purwokerto (Banyumas) yang gagal  pada tanggal 24 s.d 29 Desember  1941. Lagu dikarang oleh Darwis Brahim, Syair H.M. Yunus Anis, Syair Arab : H.M. Bakir.

Muktamar  gagal pada zaman penjajah Jepang, maka diadakan pertemuaan  Se Jawa Baru di Yogyakarta. Kemudian pada tanggal  9 s.d  14 Juli 1953 Konggres Muhammadiyah ke-31  bertempat di Purwokerto (Banyumas).

4.      Lagu 40 tahun Muhammadiyah (1912-1952).
Lagu ini sebagai lagu pemenang Pertama (Ke I) Lomba Cipta Lagu Muhammadiyah yang diciptakan oleh 
 Muhammad Muchsin,  Kampung Kledung 376 Semarang.

Sebagai lagu pemenang Cipta Lagu Muhammadiyah ke 40 tahun menjadi lagu resmi  yang harus diperdengarkan/dinyanyikan dalam acara upacara, perayaan, pertemuan dari tingkat Ranging Cabang Daerah dan Pusat, demikian anjuran Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang berkedudukan di Jakarta tertanggal 28  Oktober 1952.

5.      Hunjuk Hormat:
Sumber yang dimintai keterangan tidak mengetahui  kapan, dan siapa pencipta mengingat  beliau masih kecil (usia 4 tahunan). Menurut cerita Lagu tersebut selalu disajikan pada waktu menyambut tamu pada pertemuan/rapat yang didadakan Muhammadiyah.

6.      Prangko Amal
Muncul pada zaman kolonial Belanda, di saat itu perekenomian  rakyat Indonesia  sangat sulit. Jumlah anggota Muhammadiyah masih sangat minim sehingga untuk menjalankan roda organisasi  masih kekurangan dana. Amal usaha berupa sekolah dan Panti Kesejahteraan Oemat (PKO) serta pemeliharaan mushola dan masjid.  Belum lagi penyantunan pada para dhuafa, fakir dan miskin.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah  membuat MOU  dengan Pemerintah Hindia Belanda  dimana akan diterbitkan prangko (bukti pembayaran  pengiriman surat lewat kantor Pos).  Hasil yang didapat dari penjualan Pranko untuk Pemerintah Belanda dan Muhammadiyah.

Nilai nominal Prangko dapat dilihat di bawah ini, dengan mengumpulkan nilai per sen, bisa terjual dan terkumpul dana untuk  menjalankan roda organisasi terutama buat anak yatim (PKO). Benar pepatah mengatakan Sedikit-dikit menjadi bukit, sekali mendayung dua pula terlampau, maka beli dan beli lagi”.  Ajakan bersemengat  yang membuat merinding bulu kudukku (penulis).



7.      Konggres Pemuda Muhammadiyah di Ajibarang
Lagu ini dipopulerkan pada pembukaan Konggres Pemuda Muhammadiyah se Jawa Tengah tahun 1970 di Ajibarang.
Pencipta Lagu           : Ahmad Barqudin
Lirik / Syair               : Abdullah Muchsin
Penyusun hafal notasi dan syairnya, karena saat itu  Group KOOR (nyanyi bersama) hampir setiap sore berlatih di gedung SMP Muhammmadiyah  Ajibarang kebetulan kelas (Madrasah Diniyah)  Penyusun  dekat dengan ruang kelas  yang digunakan oleh group koor siswi-siswi SMP Muhammadiyah Ajibarang. Masih terngiang alunan Saxsephone Bapak Barqudin melantunkan lagu tersebut. Dengan  gaya khas peniup Saxsephone dan jas putih  kebanggannya memanggil generasi Muda yang cakap berakhlaq untuk tampil ke depan dalam gelanggang  negara Indonesia yang saat itu  seperti bayi baru lahir setelah Peristiwa PKI. Pemerintah Soeharto mulai menancapkan  ideologinya. Muhammadiyah untuk tampil di depan. Kebetuluan pembuat lirik/syair lagu ini seorang alim di bidang agama,  seni dan politik dan pernah menjadi Anggota Legislatif di DPRD Banyumas. Setelah sekian tahun tak terdengar penulis mencari informasi cross check dengan pemuda di tahun 70an yang ikut konggres ternyata gak ada yang hafal. Maka dengan bantuan Kangmas H. Sugiyanto maestro musik Ajibarang adik kandung Bapak Ahmad Barqudin membantu menuliskan notasi lagu tersebut. 


Keterangan:
Telah kami kumpulkan Notasi Lagu-lagu Muhammadiyah (masih) dalam penulisan kembali karena naskah asli udah kurang jelas. antara laian:
1. Bismillah
2. Hunjuk Hormat
3. Mars 40 tahun Muhammadiyah
4. Wthoni Mars
5. Mars Nasyiah
6. HW Mars
7. Prangko Amal
8. Nasyidu Muktamar
9. Milad Muhammadiyah (Sang Surya)
10. Mars Muhammdiyah
11. Mars Aisyiyah
12. Mars Muktamar ke 42
13. Mars Muktamar ke 43
15. Mars Muktamar ke-44
16. Mars Pemuda Muhammadiyah
17. Hymne Pemuda Muhammadiyah
18. Mars Muswil Pemuda Jawa Tengah Tahun 1970






LAGU-LAGU Muhammadiyah dan Aisyiyah serta Amal Usaha Muhammadiyah  
Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ajibarang

19. Mars SD/MI Muhammadiyah Ajibarang
20. Mars SMP Muhammadiyah Ajibarang
21. Hymne SMP Muhammadiyah Ajibarang
22. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
23. SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang
24. Mars TK 'Aisyiyah Bustanul Atfal
25. Mars Ikatan Wanita Pegawai Muhammadiyah Ajibarang
26. Mars Alumni SMP Muhammadiyah Ajibarang
27. Hymne Alumni  SMP Muhammadiyah Ajibarang





Mars Milad Muhammadiyah







3 komentar

mantab pak :) kami posting di blog kami yya pak ...

notasi share kami ke admin@hizbulwathan.com .. terimakasihhh ..

insya Allah kami sharing, dan insya allah akan tambahkan lagu-lagu dari Amal Usaha Muhammadiyah - Play Group . TK - SD - SMP - SMK - SMA - Ikatan Wanita Pegawai/istri Muhammadiyah Ajibarang. Mohon doa restu warga Muhammadiyah.

Search